Tahap Pengeringan

Tahap Pengeringan

 

  • Dengan mesin pengering:

  • Pakaian yang sudah dikeluarkan dari mesin cuci bisa langsung dimasukan kedalam mesin pengering, lalu kita tunggu sampai selesai. CATATAN: pakaian yang dikeringkan menggunakan mesin pengering biasanya akan lebih sulit disetrika, apalagi kain yang berbahan nilon mudah sekali rusak, maka pada tahap pencucian gunakanlah softener.  kancing pada pakaian juga dapat meleleh. Untuk itu hati-hati apabila mesin pengering.

 

  • DENGAN ALAT PENGERING :

Pakaian yang sudah kita keluarkan dari mesin cuci kita gantung dengan hanger dalam ruangan tertutup, lalu nyalakan alat pengering dan stel timer pada tombol 2 jam. Biasanya untuk pakaian 20-30 kg dapat kering kira-kira 2 jam itu. Pakaian yang tebal seperti jeans, jaket , dll akan sedikit memakan waktu yang agak lama. Buatlah ruangan khusus yang tertutup rapat, dengan sedikit ventilasi untuk penguapan.

 

  • Dengan sinar matahari.

Terdengar aneh jika usaha laundry tidak memakai alat pengering atau mesin pengering, tapi saat ini banyak para usaha laundry kiloan pada waktu proses pengeringan masih menggunakan matahari (dijemur). Pakaian yang akan dijemur dibalik terlebih dahulu (bagian dalam diluar) agar warna pakaian tidak kusam . Pengeringan dengan bantuan sinar matahari sebaiknya tidak terlalu kering kerontang, karena mengakibatkan bau matahari. Sebaiknya pakaian yang sudah kering langsung diangkat sementara barangkali sebagian ada yang masih belum kering dapat ditunggu sampai kering.

 

Pakaian yang sudah kering langsung kita masukan kedalam keranjang pakaian. Jika pelanggan menginginkan paket cuci kering, dapat langsung dilipat rapih . Apabila pakaian setelah kering kurang begitu harum, dapat kita semprotkan terlebih dahulu menggunakan parfum. Baru kemudian kita packing dengan plastik transparent. Ukuran plastik kita sesuaikan dengan kebutuhan banyaknya pakaian. Lalu kita press dengan mesin press atau staples agar terlihat rapih dan aroma keharumannya selalu terjaga.