Nota, Hanger, Plastik Kresek dan Transparant

 

NOTA

Untuk nota sebaiknya pesan saja dipercetakan, yang mana nota ini memuat antara lain: logo dari laundry, nama laundry, nomor nota, jenis-jenis nota beserta harga, dll. Nota dibuat rangkap 3, rangkap 1 berwarna putih, rangkap 2 berwarna merah, rangkap 3 berwarna kuning. Ketiga rangkap ini harus tembus pada saat penulisan nota tanpa kertas carbon, rangkap pertama (berwarna putih) diberikan kepada pelanggan dengan pembayaran tunai, sementara rangkap kedua (berwarna merah) kita tempelkan pada packing plastik milik customer. Apabila konsumen tidak melakukan pembayaran tunai langsung, maka kita memberi nota rangkap kedua (berwarna merah) dan nota putih kita tempelkan pada packing plastik milik customer. Nota rangkap 3 (berwarna kuning) berguna untuk merekap jumlah pakaian dan income setiap hari.

 

 

HANGER

Hanger yang berasal dari bahan kawat digunakan untuk menggantungkan pakaian ketika menjemur. Hanger ini tidak mudah rusak, mampu bertahan bertahun-tahun, asalkan tidak terkena hujan maka tidak akan berkarat. Hanger kawat ini memiliki bermacam-macam ukuran, ambil yang ukuran dan ketebalan sedang, jangan pergunakan yang tipis karena mudah melar.

 

Untuk hanger dari bahan plastik digunakan untuk laundry bijian, kalau hanger plastik dapat memakai yang berukuran tipis, karena sifatnya hanya sekali pakai.

 

 

PLASTIK TRANSPARANT DAN KRESEK.

Plastik transparan biasanya berukuran 20,30,40,50,60cm. plastik ini dipergunakan untuk packing pakaian yang sudah selesai, dilipat, / sudah disetrika. Ukuran plastik ini disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk pakaian dengan berat 5kg bisa memakai yang berukuran lebar 50cm, untuk pakaian dengan berat 7kg bisa memakai yang berukuran lebar 50cm, dst. Kemudian setelah pakaian masuk kedalam plastik, plastik direkatkan dengan solasi agar terlihat rapi, kemudian setelah itu kita letakan di etalase pakaian yang telah kita siapkan. Jangan lupa menyertakan nota pada packing untuk memudahkan identifikasi pakaian customer.

 

Plastik kresek berguna untuk tempat pakaian yang sudah dipacking dengan plastik transparant. Juga digunakan untuk mengemas cucian pelanggan dengan jenis CUCI BASAH (pelanggan menjemur sendiri). Ukuran plastic ini yang paling besar mampu menampung 5-7kg pakaian. Apabila jumlah pakaian yang lebih dari 7kg, maka lebih baik kita jadikan 2 plastik. Yang paling bagus untuk laundry yaitu pilihlah plastik yang berwarna putih, ini juga akan menimbulkan kesan bersih. Bisa juga plastik ini kita sablonkan, yang memuat nama dan logo laundry kita agar terkesan lebih bonafit.